Hyperloop, Transportasi Kecepatan Tinggi Yang Siap Menjadi Kebangggan Indonesia - Anak Teknik Indonesia

Hyperloop, Transportasi Kecepatan Tinggi Yang Siap Menjadi Kebangggan Indonesia

Kabar baik datang dari Hyperloop Transportation Technologies (HTT), sebuah perusahaan transportasi asal Amerika Serikat berencana untuk mengembangkan sebuah moda transportasi futuristik di Indonesia bernama Hyperloop. Moda transportasi ini juga diklaim sebagai yang tercepat di dunia.

Hyperloop Transportation
Kabar baik datang dari Hyperloop Transportation Technologies (HTT), sebuah perusahaan transportasi asal Amerika Serikat berencana untuk mengembangkan sebuah moda transportasi futuristik di Indonesia bernama Hyperloop. Moda transportasi ini juga diklaim sebagai yang tercepat di dunia.
Hyperloop disebut sebagai produk transportasi generasi kelima. Berbentuk kapsul, kecepatannya dapat mencapai 760mph (lebih kencang dari kecepatan rata-rata pesawat komerisal 50mph). Yang paling menarik, melalui sebuah perusahaan patungan (joint venture), teknologi tersebut akan diinisiasi di Indonesia. Bersama rekanan lokal, Hyperloop™ Transportation System (HTT) sebagai perusahaan pengusung telah mendirikan PT Hyperloop Transtek Indonesia.

Perencanaan Pembangunan

Didesain sejak tahun 2013 melalui pendanaan platform crowdfunding dan crowdsourcing incubator, realisasi teknologi tersebut dipimpin oleh dua orang co-founder, Bibop Gabriele Gresta dan Dirk Ahlborn. Dan salah satu co-founder, Bibop, yang hari ini turut hadir di Indonesia untuk mempersiapkan studi kelayakan penentuan rute dan implementasi sistem transportasi Hyperloop di Indonesia. Sekurangnya dana sebesar Rp 33 miliar akan disiapkan untuk memulai.
Saat ini fokus kami adalah melakukan studi sekaligus menganalisis lahan yang ada, nantinya jika sudah siap akan kami ajukan kepada pemerintah Indonesia untuk persetujuan penyediaan lahan pembangunan teknologi Hyperloop,” kata Chairman Hyperloop Transportation Technologies Bibop G. Gresta kepada media hari ini.
Pemilihan partner lokal tersebut direkomendasikan oleh HTT, demi mendapatkan perusahaan yang kredibel dan mampu menghasilkan pekerjaan yang sempurna untuk mewujudkan teknologi Hyperloop.
Hyperloop menjalin kemitraan dengan partner lokal untuk merekomendasikan master plan dan selanjutnya untuk konstruksi pembangunan Hyperloop tersebut, fungsi dari HTT adalah sepenuhnya untuk menyediakan teknologi dan pengetahuan,” kata Bibop.
[next]

Anggaran Dana

Di Indonesia, perusahan joint venture tersebut dipimpin oleh Dwi Putranto Sulaksono dan Ron Mullers. Penandatanganan kemitraan telah dilakukan kemarin (08/3) di Jakarta, disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Indonesia. Kepada media hari ini Chairman Hyperloop Transtek Indonesia mengatakan, teknologi HTT bakal menjadi wahana transportasi baru yang sesuai dengan kondisi di tanah air. Chairman Hyperloop Bibop G. Gresta beberapa waktu lalu bertandang ke Jakarta dan mengaku sudah menandatangani persetujuan pengembangan moda transportasi futuristik dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
Hyperloop Speed

Menurut Bibop, kecepatan Hyperloop tidak main-main yakni 1300 km/jam. Dengan kecepatan ini, katanya, Jakarta-Yogyakarta bisa ditempuh dalam waktu 25 menit saja! "Selanjutnya dilakukan studi kelayakan yang akan memakan waktu antara tiga sampai enam bulan. Kami menyiapkan dana USD 1-2,5 juta untuk ini (studi kelayakan-red). Tahap pertama, Tangerang, bandara (Soekarno-Hatta) ke pusat Jakarta. Kemudian dilanjutkan Jawa. Targetnya 2.000 KM. Selanjutnya Sumatera, juga dari bandara," ungkap Bibop.
Labels:
Reactions:

Post a Comment

[blogger][disqus]

Anak Teknik Indonesia

{facebook#http://facebook.com/anakteknikindo} {twitter#http://twitter.com/anakteknik_indo} {google-plus#https://plus.google.com/u/1/112266505972443903778} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCR1tKZMcziD2LTo-W3daKAQ} {instagram#http://instagram.com/anakteknikindo}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget